Tips Agar UMKM Bisa Survive Dan Berkembang Di Era Digital
UMKM adalah kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. UMKM diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Berdasarkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pemerintah mengelompokkan jenis usaha berdasarkan kriteria aset dan omzet.
Klasifikasi UMKM
Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008, klasifikasi UMKM adalah sebagai berikut.
Usaha Mikro, adalah usaha yang dijalankan oleh individu maupun badan usaha dengan aset maksimal Rp50 juta (di luar bangunan dan tanah), dan penjualan tahunan maksimal Rp300 juta. Contohnya adalah: warung kopi, barbershop, pedagang di pasar, kios kecil.
Usaha Kecil, adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, dijalankan oleh orang perorangan maupun badan usaha yang bukan merupakan bagian dari perusahaan usaha menengah atau besar. Aset bersih yang dimiliki oleh usaha kecil adalah Rp50 juta sampai Rp500 juta dan penjualan tahunan antara Rp300 juta sampai Rp2,5 miliar. Contoh usaha kecil: restoran kecil, bengkel motor, katering.
Usaha Menengah, adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, dijalankan oleh individu maupun badan usaha dan bukan merupakan anak atau cabang dari perusahaan lain. Kekayaan bersih yang dimiliki oleh usaha menengah berkisar Rp500 juta hingga Rp10 miliar dan penjualan tahunan berkisar Rp2,5 miliar hingga Rp50 miliar. Contohnya, bakery, toko bangunan, restoran besar.
Era Digital
Teknologi digital saat ini sudah sangat dekat dan melekat dengan masyarakat. Sebagian besar generasi saat ini sudah memiliki akses ke teknologi digital, hal ini bisa dilihat dari meningkatnya penggunaan smartphone, laptop, komputer, dll. Bisa dikatakan bahwa saat ini segala aspek kehidupan menjadi serba digital. Era digital adalah zaman di mana manusia sudah mulai memanfaatkan teknologi digital dengan baik untuk mempermudah segala pekerjaannya.
Teknologi digital dapat menjadi peluang agar bisnis bisa berkembang, contohnya adalah dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk melakukan pemasaran digital (digital marketing).
Di tengah perkembangan teknologi digital yang pesat saat ini, apa yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM agar bisnis tetap mampu bertahan dan semakin berkembang?
Memaksimalkan Penggunaan Teknologi Digital
Teknologi diciptakan bukan untuk membuat bingung, tetapi untuk mempermudah pekerjaan manusia, oleh karena itu gunakanlah teknologi itu semaksimal mungkin. Jika bisnis anda masih menggunakan pencatatan transaksi keuangan secara tradisional menggunakan kertas, buku dan pena, maka sekarang beralihlah ke teknologi yang lebih modern seperti menggunakan laptop, komputer maupun smartphone untuk mencatat seluruh transaksi keuangan dari bisnis yang sedang Anda jalankan.
Memanfaatkan Sosial Media
Populasi masyarakat Indonesia sangat banyak dan sebagian besar dari populasi memiliki akses ke sosial media. Oleh karena itu sosial media dapat digunakan sebagai alat dalam strategi bisnis. Sosial media mudah digunakan, tidak perlu keahlian khusus, yang perlu anda lakukan adalah menggunakan fitur-fitur yang telah disediakan oleh sosial media untuk membuat konten yang menarik.
Memanfaatkan Digital Marketing
Digital marketing adalah kegiatan memasarkan produk dan jasa menggunakan media elektronik. Teknik yang dilakukan pada pemasaran digital antara lain: beriklan di sosial media, search engine optimization, email marketing, dan lainnya.
Memanfaatkan Platform E-commerce
Platform e-commerce saat ini mulai digemari oleh masyarakat karena kemudahan untuk berbelanja secara online dari rumah untuk memenuhi keinginan, apalagi di masa pandemi COVID-19 ini sejak diberlakukannya pembatasan jarak, maka volume transaksi di e-commerce meningkat dengan pesat. Inilah saat yang tepat untuk Anda beralih menjual produk di e-commerce agar produk yang Anda jual bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
Tentukan Harga Jual Yang Bersaing
Lihat harga pasaran dari kompetitor lainnya, tekan agar harga jual Anda tetap lebih kecil dibanding kompetitor lain namun tetap memberikan margin keuntungan yang ideal/maksimal. Jangan sampai hanya karena ingin harga yang bersaing malah akan menyebabkan kerugian. Anda juga harus memperhatikan harga bahan baku dan harga penunjang lainnya.
Membuat Inovasi
Buat produk Anda menjadi berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan produk kompetitor lain. Tren selalu cepat berubah, hal ini disebabkan selalu muncul inovasi yang baru. Oleh karena itu Anda juga harus berinovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.
Memberikan Pelayanan Yang terbaik
Konsumen adalah raja, oleh karena itu sebagai pelaku bisnis kita wajib memberikan konsumen pelayanan yang terbaik, mulai dari memberikan kepada konsumen untuk melihat produk yang kita jual, menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh konsumen, dan memberikan dukungan kepada konsumen yang telah membeli produk kita apabila konsumen menemui kesulitan seputar produk yang anda jual (after sales service)
Peran Situs Web dalam Keberhasilan UMKM
Situs web memiliki peran penting dalam bisnis anda. Sebab dengan memiliki situs web, maka bisnis Anda akan terlihat dikelola secara profesional dan menambah keyakinan kepada konsumen bahwa Anda adalah pelaku bisnis yang profesional. Situs web yang baik adalah situs web yang menampilkan produk dan deskripsi dari UMKM anda dengan informasi yang lengkap dan akurat. Situs web juga harus memiliki tampilan yang menarik, nyaman diakses dari berbagai macam perangkat (mobile friendly), dan juga memuat informasi tentang cara untuk membeli produk dan menghubungi anda selaku pemilik UMKM. Situs web yang baik juga dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dari mana pun.
Jasa Pembuatan Situs Web Profesional berbasis di Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Membuat situs web tidaklah mudah, perlu banyak hal yang dilakukan. Jangan khawatir, kami dapat menyiapkan situs web untuk UMKM yang anda miliki dengan tampilan menarik dan mudah diakses. Kami tim Tingang.id akan bekerja untuk membangun, dan mengelola situs web Anda secara profesional.
Silakan untuk menghubungi kami melalui email di info@tingang.id, atau melalui WhatsApp di 0898-7193-952.